KINERJA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA PADA TAHUN 2012

10 Dec

Tahun 2012 ini kinerja kepolisian republik indonesia:

Diakui, tema tersebut sangat tepat, relevan, dan kontekstual. Dan, hal itu merupakan representasi dari tekad dan semangat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang saat kini terus melakukan reformasi internal melalui program revitalisasi yang sangat strategis. Guna mewujudkan organisasi Polri yang semakin reformis dan humanis.

“Tekad dan semangat tersebut sekaligus menunjukkan keinginan kuat kita untuk mewujudkan tahun 2012 sebagai tahun peningkatan kinerja dan prestasi,” ucap Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Timur Pradopo yang sambutannya dibacakan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, di Mapolda Jabar, Minggu (1/7) pada upacara HUT ke-66 Bhayangkara.

Putut mengatakan, tema itu pun dikaitkan dengan grand strategy Polri tahap III. Yaitu strive for excellence yang seyogyanya akan dimulai pada tahun 2015 hingga 2025. Hendaknya, tema itu dapat diaplikasikan mulai dari sekarang seiring dengan upaya kita untuk membangun kemitraan dengan masyarakat.

Untuk terwujudnya pelayanan prima, Polri diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi mantapnya situasi keamanan dalam negeri juga tegaknya supremasi hukum di seluruh wilayah yuridiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Yang nantinya, dapat mendukung kelancaran pembangunan nasional.

“Pembangunan nasional merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat peningkatan kesejahteraan bisa dicapai manakala pembangunan ekonomi tumbuh kuat, adil dan merata. Agar pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan sukses, maka kondisi stabilitas politik, supremasi hukum serta kamtibmas haruslah baik dan kondusif,” jelasnya.

Lebih lanjut Putut mengatakan, Polri sebagai bagian dari fungsi pemerintahan yang bertanggungjawab dalam mewujudkan Keamanan Dalam Negeri (kamdagri), harus bersikap responsif terhadap berbagai perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut dia, azas transparansi dan akuntabilitas publik dalam upaya mewujudkan good governance and clean government, merupakan syarat mutlak yang harus dijadikan landasan dalam berbagai kebijakan dan strategi Polri. Agar, nantinya dapat menjawab harapan dan tuntutan masyarakat.

“Kemajuan Polri kini dapat terlihat pada upaya–upaya untuk merubah mindset dan culture set. Diantaranya, pada level pimpinan dengan dilakukannya peningkatan kapasitas yang menampilkan sikap ketauladanan , kepemimpinan yang melayani atau servant leadership, menjadi penjamin kualitas kinerja bagi anggota dan kesatuan atau quality assurance, bertindak sebagai konsultan yang solutif , serta anti kkn dan anti gratifikasi,” ucapnya.

Begitupun pada level bawahan, dengan ditegakkannya hak-hak anggota dan menjadikan bawahan mempunyai jiwa kepemimpinan.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung Komisaris Besar Abdul Rakhman Baso, meminta maaf jika kinerja kepolisian kini belum sempurna, dan, masih ada anggota yang belum baik. Namun demikian, dirinya berjanji akan membawa Polri lebih baik dari kini. (A-195/A-147)***(pikiranrakyat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: