makna di balik seragam polisi

3 Dec

Makna di Balik Seragam Polisi: Siapa pun tak ada yang ingin hidup susah, apalagi kekurangan secara fisik. Termasuk Junaedi yang menjalani hidup keras ini dengan segala kekurangan. Jika dia bisa berbicara dengan lancar, entah apa yang akan dikatakan Junaedi tentang takdirnya.

Terdengar dengan nada yang terbata dan gerakan tangannya, pria kelahiran Jakarta tahun 1972 ini berkisah, sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seorang polisi. Namun karena terlahir dalam kondisi fisik yang kurang sempurna, ia pun harus mengubur keinginannya dalam-dalam.

Lewat sebuah bahasa isyarat, ia selalu mengatakan, cita-cita boleh tidak kesampaian, tetapi semangatnya untuk menjadi seorang polisi tetap berkobar.

Karena itulah, ketika lalu lintas disekitar areal parkirnya dia akan meninggalkan pekerjaannya, untuk pergi ke perempatan jalan. Diasana dia membantu mengatur kelancaran lalulintas kendaraan, agar kemacetan segera berkurang.

Mendengar cerita dan kebesaran tekadnya, seorang anggota polisi pernah memberikan Junaedi seragam polisi. Lengkap dengan atributnya seperti topi, peluit, tongkat pemukul, hingga sepatu dinasnya.

Setidaknya baju seragam itu bisa sedikit mengobati kesedihannya lantaran tak bisa menjadi anggota polisi yang sesungguhnya.

Hari demi hari dilalui Junaedi dengan kebesaran jiwa. Tak peduli betapa teriknya matahari, derasnya guyuran hujan dan dinginnya angin malam menusuk tulang, lelaki ini mencoba untuk tetap bertahan. Ditengah keterbatasannya, selaluberusaha mengutamakan kepentingan orang lain, daripada kepentingan pribadi, mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan materi dan diri sendiri.

Seandainya, para pemimpin-pemimpin Polri bisa mengadopsi mentalitas dan semangat Junaedi, maka, barangkali tidak akan ada yang namanya kasus ‘rekening gendut perwira polisi’. Kasus yang membuat sebagian besar polisi merasa risih, termasuk polisi yang selama ini merasa bersih.(ahf/waa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: